Seperti Apa Jawaban Jokowi Saat Itu Dan Bandingkan Dengan Jawaban Anies saat Ditanya Soal Capres

Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau proyek terowongan bawah tanah MRT, fase 1 di Bundaran HI, Jakarta, Rabu (7/3). Peninjauan untuk memastikan kesiapan MRT Jelang ASIAN Games 2018. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Berita Politik, Jakarta - Jabatan Gubernur DKI Jakarta membuat nama Anies Baswedan makin melambung. Kini namanya menjadi kandidat kuat capres atau cawapres 2019.

Kejadian ini seolah mengingatkan kembali saat Jokowi menjadi Gubernur DKI 2012 silam dan masuk dalam bursa capres 2014. Saat dibanjiri berbagai pertanyaan Jokowi kala itu maupun Anies memiliki jawaban hampir mirip.

Seperti apa jawaban Jokowi saat itu dan bandingkan dengan jawaban Anies saat ini:

1. Memilih Fokus di Jakarta

Saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta 2012 silam, Joko Widodo masuk dalam bursa Capres 2014. Namun setiap kali ditanya mengenai survei tersebut, Jokowi selalu mengelak dan memilih untuk kerja.

"Saya enggak ada mikir (capres 2014). Enggak mikir, sama sekali enggak mikir," ujar Jokowi pada 2013 lalu.

Jokowi mengaku, dirinya kini tengah sibuk dengan pekerjaan rumah yang menumpuk. Mulai dari banjir dan kemacetan menjadi alasan Jokowi untuk tidak menjawab mengenai pencalonan dirinya maju di Pilpres 2014 silam.

"Toh baru 4 bulan bekerja. Saya mau fokus menyelesaikan banjir, menyelesaikan macet, menyelesaikan terus tadi ini ada masalah bajaj, monorel, MRT, ini mau saya selesaikan," ujar Jokowi.

2. Anies juga Pilih Benahi Jakarta

Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur DKI Anies Baswedan saat meninjau wisma atlet di Kemayoran, Jakarta, Senin (26/2). Selain unit penginapan atlet, Presiden Jokowi juga meninjau selasar untuk tempat bersantai para atlet. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sekarang jawaban itu kembali terulang dari Gubernur DKI Jakarta saat ini Anies Basewdan, yang namanya masuk dalam bursa capres atau cawapres 2019.

Setiap ditanya mengenai pilpres Anies seolah meniru Jokowi kala itu, ingin fokus di Jakarta dan fokus menangani masalah-masalah ibu kota.

"Baru mulai di Jakarta. Kita jalani, sekarang saya lagi fokus soal antisipasi banjir, masalah keluhan warga. Sekarang saya fokus di situ," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta.

3. Jawaban Jokowi soal Capres: Tanya Bu Mega

Presiden Jokowi memberi piala kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam acara silaturahmi dengan penerima manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Istana Negara, Jakarta (23/5).(Liputan6.com/Angga Yuniar)
Ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) Selalu menghindar saat tanya menjadi calon presiden yang diusung PDIP pada Pemilu 2014 lalu. Menanggapi hal tersebut, Jokowi mengaku tidak mengetahui hal tersebut.

"Kemarin itu saya sudah bilang, saya enggak tahu, tanya bu ketua (Megawati Soekarnoputri)," ujar Jokowi beberapa tahun lalu.

4. Anies: Tanya Pimpinan Parpol

 Jokowi turut mengajak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat memantau Gelora Bung Karno (Liputan6.com/Hanz Jimenez Salim)
Sama halnya Jokowi, saat ditanya soal capres, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada awak media untuk tak menanyakan lagi terkait Pilpres 2019. Anies mengatakan pimpinan parpol yang kompeten menjawab hal itu.

"Urusan capres dan lain-lain itu tanyanya pada pimpinan partai aja. Kalau tanyanya tentang air Jakarta, saya jawab, tentang Asian Games, saya jawab. Kalau tanya tentang industri, saya jawab," kata Anies di kawasan Pulogadung, Senin (9/7/2018).

Menurut Anies, pertanyaan mengenai Pilpres bukanlah tugasnya untuk menjawab. "Kalau pilpres ga ada dalam tupoksinya gubernur itu," ucapnya.


Share on Google Plus

About Anastasia

0 comments:

Posting Komentar