Penunjukan Dirut Pertamina di Tangan Presiden

Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah) dan Dirut BNI Achmad Baiquni (kanan) meninjau perlengkapan pendukung produksi pertanian di Tuban, Jawa Timur, Jumat (9/3). Perlengkapan itu akan dipakai pada lahan Perhutanan Sosial. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Berita Ekonomi, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menyodorkan nama-nama calon Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat ini posisi Dirut Pertamina dijabat Pelaksana Tugas Nicke Widyawati.

Deputi Bidang Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Harry Fajar Sampurno mengatakan, Menteri BUMN Rini Soemarno telah menyerahkan tiga nama calon Direktur Utama Pertamina ke Presiden Jokowi.

"Sudah, tanya Bu Rini, ada tiga nama‎," kata Harry, di Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Sayangnya, Harry belum mau mengungkapkan siapa saja tiga nama yang diajukan sebagai calon orang nomor satu di ‎Pertamina tersebut. Dia justru meminta untuk menanyakan langsung ke Rini Soemarno.

Saat dikonfirmasi terkait kabar Amien Sunaryadi yang akan dipilih, dia mengaku belum mendapat informasi.

Untuk diketahui, Amien Sunaryadi saat ini menjabat sebagai Kepala Satuan Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). "Tanya Bu Rini, belum dapat infonya‎," ucapnya.

Harry mengaku belum mendapat informasi perkembangan calon Direktur Utama Pertamina yang dipilih. Setelah tiga nama disodorkan, keputusan diserahkan Presiden Jokowi.

‎"Belum ada infonya, belum ada, tergantung Presiden," katanya.

Penunjukan Dirut Pertamina di Tangan Presiden

Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2017, Tanri Abeng menyampaikan sambutan di Jakarta, Jumat (15/9). Tahun ini untuk pertama kalinya Anugerah BUMN Awards 2017 tidak hanya melibatkan BUMN, tetapi juga anak Perusahaan BUMN. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Tanri Abeng mengaku belum mengetahui siapa yang akan menjadi Direktur Utama BUMN energi tersebut.

Sampai saat ini, Pertamina masih dipimpin Plt Dirut, yang dipegang oleh Nicke Widyawati yang ditunjuk pada April 2018.

"Itu tergantung menteri dan presidennya," ujar dia usai acara forum kepemimpinan Executive Center for Global Leadership (ECGL) pada Rabu (4/7/2018).

Dia mengaku hingga saat ini belum mendapatkan informasi tentang pimpinan baru di Pertamina.

"Saya tidak tahu. Karena begini, kalau sudah sampai begitu, hanya menteri sendiri yang tahu. Kita tak diberitahu. Dewan komisaris tidak diberi tahu," kata dia.

Adapun pergantian Dirut Pertamina yang saat itu dipegang Elia Massa Manik merupakan Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

RUPSLB memutuskan pemberhentian dengan hormat Direktur Utama Elia Massa Manik. Selanjutnya, Nicke Widyawati ditunjuk sebagai Plt Direktur Utama, menggantikan Elia Massa Manik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:




Share on Google Plus

About Anastasia

0 comments:

Posting Komentar