Sirkuit MotoGP: Brno, Trek Favorit Pebalap dan Fans

Sirkuit Brno, tuan rumah balapan MotoGP Republik Ceska yang menjadi favorit pebalap dan fans karena berkarakter cepat serta memiliki pemandangan indah. 

MotoGPBrno - Sirkuit Brno atau yang juga dikenal dengan nama Sirkuit Masaryk merupakan lokasi balapan MotoGP Republik Ceska. Sirkuit yang terletak di pinggiran kota Brno ini menyajikan pemandangan alam yang indah.

Sirkuit Brno dibangun di wilayah hutan lereng pada 1985 dan mulai dipakai untuk menggelar balapan grand prix era modern dua tahun berselang. Trek sepanjang 5,4 km ini dibuat untuk menggantikan sirkuit jalan raya lama yang digunakan untuk balapan grand prix pada 1965-1982, karena dianggap terlalu berbahaya dan tak memenuhi standar keselamatan FIM.

Berdiri di atas tanah alami yang berbentuk seperti mangkuk, Brno menjadi salah satu sirkuit favorit penggemar MotoGP. Karena tempat duduk penonton berposisi lebih tinggi dari trek, fans bisa menyaksikan aksi pebalap di hampir seluruh sektor sirkuit dengan latar belakang pepohonan yang hijau.

Bukan cuma fans, pebalap juga sangat menyukai Sirkuit Brno karena berkarakter cepat. Dengan lebar maksimum trek mencapai 15 meter, para pebalap bisa leluasa melakukan manuver di tikungan.

Kombinasi tikungan cepat dan mengalir, chicane, serta perubahan elevasi Sirkuit Brno bukan cuma menuntut pebalap memiliki gaya balap yang presisi. Keberadaan trek lurus panjang yang diikuti zona pengereman keras juga membuat mekanik harus menemukan setelan motor sempurna. Pebalap pun mesti piawai melakukan manajemen ban. Bisa dibilang di sini talenta pebalap dan performa mesin motor benar-benar diuji.

Di antara semua pebalap yang ada di grid MotoGP 2017, bintang Movistar Yamaha, Valentino Rossi, merupakan rider yang paling sering menang di Sirkuit Brno dengan lima kemenangan di kelas primer (500cc/MotoGP). Namun, kemenangan terakhir The Doctor terjadi cukup lama, tepatnya pada 2009. Pemenang balapan MotoGP Republik Ceska pada tahun lalu adalah Marc Marquez (Repsol Honda).

Data dan Fakta Sirkuit Brno

Nama: Automotodrom Brno

Lokasi: Brno, Republik Ceska

Panjang sirkuit: 5,4 kilometer

Lebar trek: 15 meter

Trek lurus terpanjang: 636 meter

Jumlah tikungan: 14 (6 ke kiri dan 8 ke kanan)

Jumlah lap: 22

Jarak total: 118,9 km

Kecepatan rata-rata: 149,3 km/jam

Pebalap paling sering menang: Valentino Rossi (5 kali)

Peraih pole position terbanyak: Valentino Rossi (3 kali)

Juara musim 2016: Cal Crutchlow (LCR Honda)

Rekor fastest lap: Marc Marquez (Repsol Honda) 1 menit 54,596 detik - 2016

Rekor sirkuit: Dani Pedrosa (Repsol Honda) 1 menit 56,027 detik - 2014

Pole terbaik: Marc Marquez (Repsol Honda) 1 menit 54,596 detik - 2016

Rekor top speed: Andrea Iannone (Ducati) 316,4 km/jam - 2015


Share on Google Plus

About Anastasia

0 comments:

Posting Komentar