Son Heung-min: Terus Beradaptasi demi Memperbaiki Diri

Son Heung-min dibayangi para pemain Swansea.

AGEN BOLALondon - Son Heung-Min kini merupakan salah satu pemain kunci untuk Tottenham Hotspur. Namun, untuk mencapai level itu, ia harus melewati serangkaian langkah bernama adaptasi.

Perjalanan Son sendiri terbilang panjang. Pada usia 16 tahun, ia memulai perjalanannya dari Korea Selatan menuju Eropa. Kala itu, Son pergi ke klub Jerman, Hamburger SV, dengan kepala yang kosong. Ia tidak mengerti budaya Jerman, tak paham pula Bahasa Jerman.

Karena tak tahu, Son kemudian memutuskan untuk belajar. Son memutuskan untuk sekolah di Jerman untuk mengerti bagaimana budaya dan membiasakan diri dengan bahasa Jerman. Semua demi mimpinya.

“Aku mencintai sepak bolaku dan itulah mimpiku: bermain di Eropa. Itulah mengapa aku bekerja keras untuk mencapainya. Aku belajar di sekolah setiap harinya demi melancarkan Bahasa Jermanku,” ungkapnya.

Dua tahun berselang, semua tampak baik bagi Son.

Pada 2010, Son dipromosikan ke tim utama. Ia menghabiskan tiga musim di Hamburger SV, dengan catatan 73 penampilan dan 20 gol, sebelum pada akhirnya pindah ke Bayer Leverkusen. Kemudian, Son menghabiskan dua musim di Leverkusen dan telah mencetak 21 gol dari 62 penampilannya.

Lalu, ia hijrah ke London pada musim panas 2015/2016 dan semuanya kembali lagi dari nol. Berseragam Tottenham Hotspur, ia kembali belajar bahasa dan budaya Inggris.

Son mengakui bahwa tahun perdananya di Inggris begitu payah.

Di musim itu, Son hanya berhasil mencetak 4 gol dan 1 assist saja dari 28 penampilannya. Setelah musim yang buruk itu, Son melakukan percakapan empat mata dengan Mauricio Pochettino. Ia diberi pilihan, apakah mau bertahan atau mencoba sekali lagi.

Son usai membobol gawang Brighton.

“Dia beri aku pilihan yang bagus, setelah kata demi kata darinya, aku bertahan. (Kini) aku membaik dan akan terus membaik,” imbuhnya.

Son, pada musim 2016/2017, berhasil mencetak 14 gol dan 6 assist untuk Spurs. Sementara di musim ini, Son sudah mencetak 8 gol dan 4 assist untuk The Lilywhites.

Pemain berusia 25 tahun ini sendiri percaya bahwa ia bisa melampaui pencapaiannya di musim sebelumnya.

“Tentu saja (aku bisa mencetak gol dan assist lebih banyak). Namun terkadang, aku hanya perlu membagikan bola dan aku punya rekan yang bagus, dan mereka bisa mencetak gol. Terkadang, itu bukanlah assist yang istimewa. Aku hanya perlu mengoper ke ‘H’ (Harry Kane) dan dia bisa mencetak dari mana saja,” pungkasnya.

Kontribusi Son jelas diharapkan di laga Spurs kontra Arsenal yang akan terlaksana pada Sabtu (10/2/2018) nanti. Mencetak gol dan assist? Hmm, kita nantikan saja.


Share on Google Plus

About Anastasia

0 comments:

Posting Komentar