Latih Deportivo La Coruna, Seedorf Terinspirasi Zidane


AGEN BOLA, Sepak terjang Zinedine Zidane di Real Madrid rupanya menjadi inspirasi bagi Clarence Seedorf. Oleh karena itulah, Seedorf berani mengambil alih jabatan pelatih Deportivo La Coruna.

Deportivo resmi mendapuk Seedorf sebagai pelatih pada Senin (5/2/2018) waktu setempat. Deportivo adalah tim ketiga setelah AC Milan dan klub Tiongkok, Shenzhen FC yang pernah dilatih Seedorf.

"Zidane adalah contoh. Dia mungkin punya pengalaman lebih sedikit daripada saya ketika dia mulai melatih Real Madrid. Namun, lihat apa yang dia lakukan," ujar Seedorf seperti dilansir ESPN.

Seperti diketahui, Zidane menggantikan Rafael Benitez sebagai pelatih tim utama Real Madrid tanpa pengalaman melatih di level senior. Meski begitu, Zidane sukses meraih delapan trofi buat Real Madrid antara lain dua trofi Liga Champions, dan satu trofi Liga Spanyol.

Seedorf menambahkan, setiap pelatih punya potensi yang sama untuk mengikuti jejak Zidane. Meskipun pelatih tersebut belum punya pengalaman cukup.

"Anda harus mempertimbangkan kualitas dan potensi seseorang," kata Seedorf.

Bukan yang Terbaik


Keputusan Deportivo menunjuk Seedorf adalah keputusan yang berani. Pasalnya, catatan Seedorf sebagai pelatih tidak mentereng.

Padahal, Deportivo sedang butuh pelatih jempolan demi mengeluarkan mereka dari zona degradasi. Deportivo kini ada di peringkat 18 klasemen sementara dengan 17 poin.

Saat melatih AC Milan, presentase kemenangan Seedorf hanya 50 persen (11 kali menang, 2 imbang, dan 9 kalah dari 22 pertandingan. Sementara saat melatih Shenzen, presentase kemenangan Seedorf cuma menyentuh angka 28,57 persen.

"Itu bukan masa terbaik saya. Anda tidak selalu beruntung atau menjalaninya sesuai dengan yang Anda mau," ujar Seedorf.

Tetap Yakin

Meski punya rekor yang kurang bagus, Seedorf ternyata tetap mendapat dukungan dari pihak Deportivo. Presiden Deportivo, Tino Fernandez yakin sosok Seedorf lah yang kini dibutuhkan Deportivo.

"Kami menghadapi tantangan dalam 16 laga ke depan. Kami sangat yakin bisa menyelesaikannya bersama-sama. Tim ini perlu diperkuat dan diperbaiki dengan sosok pemimpin. Ia datang untuk mengambil tantangan ini," tutur Presiden Deportivo, Tino Fernandez.


Share on Google Plus

About Anastasia

0 comments:

Posting Komentar