Masih Misteri, 6 Penemuan Ini Membuat Peneliti Kebingungan


SEJARAH - Kehidupan di bumi sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu. Setiap tahun, kehidupan di bumi terus berkembang. Peradaban terus berganti seiring berjalannya waktu. Karena kehidupan sudah ada di bumi sejak jutaan tahun lalu, tentunya banyak peninggalan dari berbagai peradaban. Sehingga selalu ada penemuan baru di dunia.

Saat ini masih banyak arkeolog mencari dan meneliti peninggalan tak ternilai dari masa lalu. Dari sekian banyak penemuan yang ada di muka bumi ini, ternyata tidak semua penemuan memiliki hasil yang memuaskan. Banyak harta karun masa lalu masih meninggalkan banyak misteri. Berikut 6 penemuan yang belum terpecahkan, mulai dari batu perunggu berbentuk misterius hingga buku yang tidak diketahu ditulis dalam bahasa apa.

1. Maine Penny


Seperti yang kita ketahui, Christopher Colombus adalah orang yang menemukan dataran Amerika. Bahkan di buku sejarah dunia, nama Christopher Colombus terpampang sebagai penemu negera super power ini. Namun ternyata, Colombus bukan orang pertama yang menginjakkan kaki di negara ini.

Hal ini dikarenakan ditemukannya Maine Penny. Maine Penny adalah koin yang digunakan oleh bangsa Viking. Kehadiran Maine Penny membuktikan bahwa bangsa Viking telah menginjakkan tanah Amerika sebelum orang Eropa.

Maine Penny ditemukan oleh arkeolog yang bernama Guy Mellgren pada tahun 1957. Kemudian tahun 1978, seorang yang ahli dalam bidang koin menyatakan bahwa koin tersebut asli. Meskipun demikian, begitu banyak peneliti mengatakan koin ini adalah tipuan dikarenakan kurangnya bukti dan tidak adanya rekaman arkeologi tentang bangasa viking yang mendaratkan kaki di Amerika.

2. Roman Dodecahedron


Roman Dodecahedron adalah benda berongga yang terbuat dari batu atau perunggu. Benda ini memiliki 12 sisi datar yang berlubang. Kemudian di tiap sudutnya, benda ini memiliki bulatan kecil. Benda ini sudah ditemukan sejak 200 tahun lalu. Meskipun sudah ditemukan sejak dulu, para ilmuan masih tidak tahu asal dan fungsi dari benda ini.

Ada beberapa teori yang masih mengambang tentang benda ini. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa benda ini adalah instrumen pengukuran astronomi yang digunakan untuk perkembangan pertanian mereka. Namun ada beberapa ilmuwan yang mengatakan bahwa benda ini merupakan bentuk kepercayaan.

Hanya satu hal yang sudah pasti diketahui tentang Dodecahedron, yaitu benda ini merupakan barang berharga. Kebanyakan Dodecahedron ditemukan di antara barang-barang berharga lainnya.

3. Voynich Manuscript


Voynich Manuscript adalah buku yang ditemukan pada tahun 1912. Voynich Manuscirpt merupakan salah satu buku yang berasal dari abad ke-15. Buku ini memiliki tulisan tangan dengan bahasa yang tidak pernah diketahui.

Tidak hanya itu saja, buku ini penuh dengan kode, gambar tanaman asing, hingga benda aneh yang tidak pernah diketahui umat manusia. Sebagian besar peneliti menganggap tulisan dalam buku tersebut adalah hasil dari lelucon masyarakat abad ke-15.

Namun masih ada orang yang terus meneliti buku ini dengan harapan mereka menemukan sebuah pengetahuan baru untuk umat manusia.

4. Dead Sea Scroll (Gulungan Laut Mati)


Dead Sea Scroll atau gulungan laut mati adalah salah satu penemuan terpenting dalam sejarah. Gulungan ini ditemukan di dalam gua-gua yang terdapat di dekat laut mati. Bertahun-tahun arkeolog dan peneliti menjelahi gua-gua ini. Mereka banyak menemukan tulisan dalam bahasa Ibrani.

Gulungan ini diperkirakan berasal dari 150 tahun sebelum masehi hingga 70 tahun setelah masehi. Sejak ditemukannya gulungan ini, peneliti masih bingung siapa yang membuat gulungan ini. Namun sebagian besar teori mengatakan, gulungan ini dibuat oleh bangsa Yahudi pada tahun 70 setelah masehi.

Gulungan ini memiliki tulisan dengan menggunakan bahasa Ibrani dan bahasa Aram.

4. Wow! Signal


Nama "Wow! Signal" berasal dari sebuah transkrip sinyal asing yang ditangkap. Sinyal radio ini ditangkap oleh teleskop radio Big Ear yang ada di Universitas Ohio pada malam hari di tanggal 15 Agustus 1977. Sinyal itu berlangsung keras selama 72 detik pada frekuensi 1.420 MHz, yang dimana merupakan frekuensi yang dipancarkan gelombang gas hidurogen netral di ruang angkasa.

Sinyal ini terjadi hanya pada saat malam itu saja, sehingga peneliti dibuat kebingungan dengan sinyal yang hanya muncul satu kali dalam seumur hidup ini. Para peneliti memperkirakan bahwa sinyal ini berasal dari komet yang tidak sengaja melintas di dekat planet bumi. Namun hal ini masih menjadi sebuah perdebatan.

5. Baltic Sea Anomaly


Baltic Sea Anomaly ditemukan oleh Peter Lindber dan timnya pada tahun 2012. Lindber sendiri merupakan seorang penjelajah asal Swedia. Ditemukannya benda aneh ini berhasil membuat ilmuwan kebingungan tentang asal dan fungsi benda ini.

Banyak yang berspekulasi bahwa benda ini merupakan potongan dari UFO (Unindentify Flying Object). Sampai saat ini, belum ada yang tahu asal benda yang disebut dengan Baltic Sea Anomaly.

6. Patung Moai


Sebagian besar orang pernah mendengar pulau paskah. Sejak pertama kali ditemukan, keberadaan pulau ini langsung menyita perhatian publik karena adanya patung Moai berukuran raksasa yang bertebaran di sepanjang garis pantai pulau paskah. Diperkirakan, ada ribuan misteri yang tersimpan di seputar patung-patung Moai di Pulau Paskah.

Banyak orang mempertanyakan bagaimana cara membuat patung ini, menggerakannya, dan menguburnya. Sedangkan patung Moai diperkiran dibuat pada di antara tahun 1600-1730. Tentunya belum ada teknologi yang memumpuni untuk memindahkan benda berukuran raksasa kala itu.

Tidak sedikit orang berspekulasi bahwa patung Moai terjadi karena adanya campur tangan makhluk asing atau alien.


Share on Google Plus

About Anastasia

0 comments:

Posting Komentar