Terungkap! Rumah Termahal Dunia Rp 4 T Dibeli Putra Mahkota Saudi

Pangeran Mohammed bin Salman

News InternasionalParis - Putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, terungkap sebagai pembeli rumah mewah seharga 275 juta euro (Rp 4,3 triliun) di Prancis. Rumah mewah di Paris bagian barat ini dijuluki sebagai rumah termahal di dunia.

Dilaporkan media ternama Amerika Serikat (AS), New York Times (NYT), seperti dilansir AFP, Senin (18/12/2017), rumah mewah atau chateau yang baru saja selesai dibangun ini terjual ke seorang pembeli misterius tahun 2015. Kepemilikan rumah mewah ini 'tertutupi' oleh perusahaan cangkang atau shell company.

Namun para penasihat keluarga kerajaan Saudi, seperti dikutip NYT pada Sabtu (16/12), telah mengkonfirmasi bahwa Pangeran Mohammed bin Salman merupakan pemilik sesungguhnya dari rumah mewah itu. Otoritas Saudi menolak mengkonfirmasi laporan ini. Laporan NYT ini muncul setelah situs investigatif Prancis, Mediapart, melaporkan hal yang sama pada Juli lalu.

Saat itu, majalah Fortune melaporkan bahwa penjualan rumah mewah bernama Chateau Louis XIV tahun 2015 lalu itu mencetak rekor sebagai rumah dengan harga paling mahal di dunia. Dilaporkan bahwa air mancur di dalam rumah mewah ini bisa dikendalikan dengan iPhone.

Di bagian luar, rumah mewah ini terlihat seperti istana dari abad ke-17. Namun faktanya rumah mewah ini merupakan bangunan baru, setelah pengembangnya yang berasal dari Saudi menghancurkan bangunan yang asli yang berasal dari abad ke-19. Gaya bangunan yang antik menyembunyikan fasilitas-fasilitas modern yang ada di dalam rumah ini.

Chateau Louis XIV yang dibeli putra mahkota Saudi tahun 2015

Dilaporkan terdapat sebuah bioskop pribadi dan kolam renang mewah di dalam rumah itu. Tidak hanya itu, terdapat juga sebuah kolam kecil dengan bilik bawah air yang transparan yang membuat para pengunjung bisa menikmati pemandangan ikan-ikan di dalam air. Rumah mewah yang berdiri di atas lahan seluas 23 hektare itu terdiri atas kebun yang luas, air mancur besar lengkap dengan labirin.

NYT melaporkan, Pangeran Mohammed bin Salman membeli rumah mewah itu melalui sebuah perusahaan yang dikelola yayasan pribadinya, Eight Investment Company. Perusahaan yang sama juga dilaporkan membeli sebuah yacht seharga US$ 500 juta (Rp 6,6 triliun) pada tahun yang sama.

Selain rumah mewah dan yacht, NYT juga sebelumnya melaporkan bahwa Pangeran Mohammed bin Salman merupakan pembeli sesungguhnya dari lukisan ternama 'Salvator Mundi' karya Leonardo da Vinci.

Lukisan wajah Yesus Kristus itu terjual seharga US$ 450,3 juta (Rp 6 triliun) dalam lelang di New York, AS, November lalu. Harga itu mencetak rekor sebagai karya seni termahal yang pernah dilelang. Nama pembeli lukisan itu sempat diungkap sebagai Pangeran Bader bin Abdullah bin Mohammed bin Farhan al-Saud. Namun Bader disebut hanya perantara, karena Pangeran Mohammed bin Salman adalah pembeli sebenarnya.

Laporan NYT ini muncul setelah bulan lalu, Pangeran Mohammed bin Salman memerintahkan penangkapan puluhan pangeran Saudi, menteri juga pengusaha dalam operasi antikorupsi besar-besaran.


Share on Google Plus

About Anastasia

0 comments:

Posting Komentar