Restoran India sudah Pekerjakan Robot Sebagai Pengantar Makanan

Tak hanya mengantar makanan, robot-robot ini di restoran India ini juga mengangkut piring-piring kotor yang telah digunakan

Restoran India sudah Pekerjakan Robot Sebagai Pengantar Makanan

Mandiri88 - Agen Sbobet, Ibcbet Dengan Promo Bonus Terbesar

Berita Hari Ini ~ Sebuah restoran di India jadi sorotan. Bukan karena dekorasi yang menarik atau jenis makanan yang dijual, melainkan konsep layanan yang mereka terapkan.

Jika selama ini pihak restoran menggunakan sumber daya manusia untuk dipekerjakan sebagai pelayan, maka beda halnya dengan tempat makan yang satu ini.

Dilansir dari laman Straits Times, Senin (18/12/2017), restoran yang terletak di India bagian selatan ini menggunakan jasa robot untuk mengantar makanan para pelanggan.

Robot putih biru yang dipercantik dengan syal merah tersebut akan mengantar makanan konsumen dengan sebuah nampan yang mereka bawa.

Tak hanya mengantar makanan, robot-robot ini juga akan mengangkut piring-piring kotor yang telah digunakan.

"Kami telah mencoba berbagai konsep untuk menarik minat para konsumen. Salah satu upaya yang telah dilakukan yaitu membuat dekorasi tempat makan. Tetapi hal itu tak terlalu berarti," ujar Karthik Kannan, pemilik restoran tersebut.

"Hingga akhirnya, kami memutuskan intuk membuat restoran dengan tema robot. Mereka akan kami jadikan pelayan dan bertugas sebagai pengantar makanan. Hal ini sangat unik untuk masyarakat India," tambahnya.

Inspirasi ini didapatkan oleh Kannan ketika ia melihat sudah banyak restoran di luar negeri yang menggunakan teknologi.

Setelah makanan telah siap dimasak, robot akan secara otomatis menjalankan perintah untuk mengantarkan makanan ke meja pelanggan.

Menanggapi inovasi yang ditawarkan oleh restoran tersebut, para pelanggan mengatakan bahwa robot-robot yang dipekerjakan telah bekerja dengan baik.

"Kami tak menduga jika robot tersebut melayani kami dengan begitu cepat," kata Roopa, seorang pelanggan di restoran tersebut.

Terkadang, robot ini tak hanya bertugas sebagai pengantar makanan. Mereka juga kerap diajak foto selfie oleh para pelanggan.



Selain di India, tempat makan yang yang mempekerjakan robot sebagai pelayan juga terjadi di Pakistan. Mereka menyajikan makanan dengan senyuman untuk pelanggan di sebuah restoran piza kelas atas di kota kuno, Multan.

Kota itu lebih dikenal dengan tempat suci sufi yang berusia berabad-abad.

Ketiga robot bernama Rabia, Annie, dan Jennie itu menyapa pelanggan dan membawakan makanan mereka di Pizza.com.

"Kami pergi ke banyak tempat, tapi paman saya mengatakan bahwa di restoran ini ada robot yang menyajikan piza kepada kami. Kami merasa sangat senang," kata pelanggan bernama Osama Ahmed, seperti dikutip dari Al Arabiya.

Sang pemilik toko sekaligus pembuat robot, Osama Jafari mengatakan bahwa keberadaan robot tersebut merupakan bisnis baru.

"Ini adalah inovasi," kata pelanggan lain, Hamid Bashir. "Rasanya enak dilayani seperti itu dan menjadi hiburan yang bagus untuk anak-anak."

Jafari mengatakan, ia terinspirasi oleh video para pelayan robot di China. Pria berusia 24 tahun yang belajar teknik di National University of Science and Technology Islamabad itu menuturkan bahwa dia mulai mengerjakan sebuah prototipe dengan dukungan dari orangtuanya.

"Tanggapan yang kami dapatkan sebenarnya luar biasa. Orang-orang menyukainya. Teman-teman saya, anggota keluarga dan semua orang setempat di sini," jelas Jafari.

Jafari mengatakan bahwa dia membuat semua bagian untuk robot pelayan piza itu dengan bahan-bahan lokal, menghabiskan dana sebesar 600 ribu rupee Pakistan atau sekitar Rp 76 juta.

Dia mengaku tengah mempersiapkan robot generasi berikutnya, yang menurutnya akan lebih interaktif, mampu menanggapi pertanyaan pelanggan, dan diharapkan bisa mendistribusikan robotnya ke restoran keluarga di kota Hyderabad, Pakistan selatan.

 Maxbet268 - Maxbet Indonesia Dengan Berbagai Promo Menarik

Share on Google Plus

About Anastasia

0 comments:

Posting Komentar