Empat (4) Misteri Kutukan yang Terbongkar oleh Sains, Percaya Gak?


MISTERI, Berbagai cerita atau kisah mistis selalu jadi perbincangan yang menarik. Meski menyeramkan dan bisa bikin susah tidur, cerita mistis selalu mampu menarik rasa penasaran siapapun untuk mencari tahu. Salah satu jenis cerita mistis yang paling seru adalah mengenai misteri kutukan.

Banyak tempat yang dianggap terkutuk karena peristiwa tragis yang terjadi di masa lalu. Ada pula tempat yang dianggap terkutuk karena perbuatan buruk orang yang tinggal di tempat tersebut. Namun, kejanggalan-kejanggalan yang terjadi di tempat yang tergolong terkutuk nyatanya bisa dijelaskan secara ilmiah.

Ya. Ilmu pengetahuan atau sains ternyata bisa menjelaskan proses terjadinya peristiwa aneh yang terjadi di tempat yang dianggap terkutuk. Seperti apa? Benarkah apa yang dijelaskan oleh sains itu? Berikut empat misteri kutukan yang terbongkar berkat adanya sains.

1. Kutukan Rumah Keluarga Perron


Kisah yang satu ini sangat populer hingga dijadikan film horor fenomenal The Conjuring. Keluarga Perron pindah ke sebuah rumah di kepulauan Rode, Amerika Serikat. Menurut cerita, rumah itu dulunya adalah milik penyihir yang menjadikan anaknya sendiri sebagai tumbal, lalu bunuh diri setelahnya. Alhasil, keluarga Perron mulai mengalami kejadian aneh yang membuat mereka merasa telah kena kutukan.

Setelah diteliti, fenomena yang dialami keluarga Perron ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah. Penyebab utamanya adalah sistem perapian rumah yang buruk sehingga menyebabkan Perron sekeluarga keracunan karbon monoksida. Efek keracunannya bisa berupa halusinasi, kejang, dan tidak sadarkan diri, persis seperti yang dialami keluarga Perron.

2. Kutukan Mumi Firaun Mesir


Kamu pasti familiar dengan kisah misteri kutukan yang satu ini. Apalagi kalau kamu pernah menyaksikan film The Mummy. Siapa saja yang berani membuka makam atau kuburan Firaun, diyakini akan mengalami kutukan kematian. Banyak orang, baik yang asli Mesir atau turis asing, takut untuk masuk piramida.

Berdasarkan penelitian, membuka makan yang adalah sarkofagus Firaun itu sendiri memang berbahaya. Bukan karena kutukan, tapi karena sarkofagus tersebut mengandung spora jamur berbahaya, gas amonia, formalin, dan zat lainnya yang muncul karena proses mumifikasi. Zat-zat tersebutlah yang mengancam nyawa manusia.

3. Kutukan Hantu Jalur Mary King


Sebuah bangunan gedung tua di kota Edinburgh, Swedia memiliki sebuah jalur kecil yang bernama Mary King. Jalur yang namanya diambil dari nama putri seorang bangsawan ini sering disebut jalur terkutuk. Hal itu disebabkan banyak orang yang sering melihat penampakan hantu atau benda aneh lain seperti lampu terbang.

Selain itu, banyak pula yang meyakini jalur ini ditinggali roh-roh korban penyakit pes di daerah tersebut. Namun, penelitian lagi-lagi membuktikan kalau penampakan hantu yang terlihat disebabkan oleh kebocoran gas-gas beracun yang ada di rawa dekat jalur itu. Rawa juga menyebabkan kelembapan jalur itu berubah dan menimbulkan pantulan cahaya aneh. Cahaya aneh itu yang mungkin berubah jadi penampakan hantu atau lampu terbang.

4. Kutukan Pasukan Terakota Cina


Tahun 1974, seorang petani di Cina menemukan salah satu artefak paling berharga di dunia, yaitu pasukan terakota Cina yang berjumlah lebih dari 8.000. Namun setelah menemukannya, para petani malah mengalami nasib malang dan hidup sengsara. Banyak dari mereka yang jatuh sakit, menderita kelaparan hingga bunuh diri.

Setelah diteliti, tanah desa Yang ternyata jadi penyebab utamanya. Tanah tersebut diketahui mengandung banyak merkuri di dalamnya. Kontaminasi merkuri dari hasil tanah yang mereka gunakan tersebut yang kemudian meracuni para petani dan masyarakat di desa tersebut.

Akhir Kata

Itulah empat misteri kutukan yang terbongkar berkat adanya sains. Meski kadang kejadian mistis sulit dicerna apalagi dengan ilmu pengetahuan dan logika, namun empat peristiwa di atas rasanya terasa masuk akal setelah dijelaskan menggunakan sains. Kamu percaya? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.

4 Misteri Kutukan yang Terbongkar oleh Sains




SUMBER : JALANTIKUS.COM
Share on Google Plus

About Putri Anastasia

0 comments:

Posting Komentar