Sepele Namun 6 Kebiasaan Ini Membuat Kamu Kehabisan Uang Sebelum Akhir Bulan!

Sepele Begini yang Menjebak!


Nggak punya uang di akhir bulan padahal belom gajian. Itu adalah masalah menyebalkan yang sering banget dikeluhkan orang. Sebenarnya, permasalahannya bukan melulu karena gaji yang kecil loh. Bisa aja gaji udah cukup atau bahkan lebih tapi kamu yang nggak jago dalam mengelola keuangan. Itu adalah masalah banyak orang. Seringkali kamu menyepelekan kebiasaan-kebiasaan kecil yang diam-diam justru menguras dompet. Inilah beberapa kebiasaan itu.

1. Paket Data


Coba deh kamu hitung, berapa banyak uang yang kamu keluarkan buat beli paket data? Pasti sampai ratusan ribu kan? Beli paket data boleh, tapi jangan keseringan dong. Usahakan buat pakai internet seperlunya aja. Jangan semua akun kamu pantengin. Dari bangun sampai bahkan tidur aja paket data nggak dimatiin. Itu bikin boros. Mulai sekarang cobalah buat mengontrol penggunaan internet biar kamu nggak keseringan beli paket data. 

2. Kendaraan


Ini nih penyakit kebanyakan orang di zaman sekarang. Males banget kalo disuruh jalan kaki. Kalo kemana-mana maunya pakai motor atau mobil. Iya sih emang bakal cepet dan nggak capek, tapi kalo keseringan akhirnya malah bikin kantong jebol. Semakin sering kamu naik kendaraan motor, semakin banyak pula pengeluaran. Kamu harus beli bahan bakar, belum lagi bayar parkir dan biaya perawatan motor. Kalo dibayangin sih emang nggak banyak tapi kalo dihitung dengan seksama, biayannya bisa bikin kantong kamu cepet kering.

3. Traktir 


Ntraktir temen tuh emang menyenangkan. Kamu bisa membuat orang lain bahagia, tapi seandainya kamu keseringan nraktir kamu bakal bakrut sendiri. Traktir tuh sekali-kali aja, jangan tiap hari. Sebelum nraktir teman, pastikan kamu udah ngitung uangmu bakal cukup buat makan dan kebutuhan lain sampai akhir bulan. Kalo nggak cukup nggk usah maksain diri yah.

4. Film


Nonton film di bioskop tuh boleh-oleh aja, bahkan disarankan buat menyegarkan otak yanc capek kerja terus. Akan tetapi nggak keseringan juga dong nontonya. Masak tiap ada film baru langsung nonton. Itu bakal bikin pengeluaran kamu membengkak. Nonton tuh seminggu atau dua minggu sekali aja. Jangan semua film kamu tonton. Mendinan nonton yang beneran kamu sukai aja.

5. Camilan


Yang terakhir ini yang nggak berasa banget. Kayaknya cuma beli makanan ringan dikit, eh ternyata pas bayar habis banyak Belom lagi belinay tiap hari atau keseringan. Duh, udah pasti duit cepet ludes nih. Kamu harus bisa ngontrol dan bisa membedakan mana yang kamu butuhkan dan yang kamu inginkan. Prioritaskan yang butuh dulu aja. Jangan aneh-aneh dan akhirnya nggak bisa makan di akhir bulan.

Sekarang udah tahu kan penyebab kenapa duit selalu habis bahkan jauh hari sebelum gajian? tu bukan krena gaji yang terlalu kecil melainkan karena kebiasaan-kebiasaan yang kamu anggap kecil padahal sebenarnya mengeras dompet banget.



Share on Google Plus

About Putri Anastasia

0 comments:

Posting Komentar