Setelah Insiden Bendera Terbalik di SEA Games 2017, Malaysia Kembali Bikin Netizen Indonesia Geram Lewat Kostum Ini

Pemasangan posisi bendera Indonesia yang terbalik pada SEA Games 2017.

RAGAMSPORT, Rivalitas Indonesia dan Malaysia ternyata tidak hanya di dunia olahraga tetapi juga di ajang kecantikan dunia.

Hubungan antara Indonesia dan Malaysia sempat memanas karena insiden bendera terbalik di buku souvenir yang dibagikan saat upacara pembukaan SEA Games 2017.

Kini, Malaysia kembali membuat netizen Indonesia geram melalui kostum yang digunakan perwakilan Malaysia di kontes kecantikan, Miss Grand International 2017, pada Jumat (29/9/2017).

Seperti dikutip MajalahMandiri.com dari akun Facebook Miss Grand International, tampak perwakilan Malaysia mengenakan pakaian bermotif batik dengan Jaran Kepang atau Kuda Lumping di tangan.

Malaysia yang diwakili oleh Sanjeda John menulis bahwa kostum yang dipakainya berjudul Kuda Warisan.

Pada caption foto tersebut tertulis, "... Di awal abad ke-20, arus migrasi dari Jawa menggunakan kapal perdagangan Belanda dan Jepang mencari tanah baru dan membawa budaya mereka..."


Unggahan tersebut kemudian mendapat tanggapan beragam dari netizen Indonesia.

"Jawa itu di Indonesia bukan dari Malaysia. Mengapa orang Malaysia tidak menggunakan budaya mereka? Berhenti mengklaim dan menggunakan budaya Indonesia di ajang internasional," ujar akun Lion Chan.

"Jika designer mengatakan bahwa kostum nasional tersebut sebagai "Warisan Budaya Jawa" yang tersebar di Johor, itu berarti kostum tersebut bukan asli dari Malaysia," tulis akun Tofan Sulantri.

"Shame on you Malaysia," tulis akun Tinna Fox Lee.

Akankah kejadian bendera Indonesia terbalik di SEA Games Kuala Lumpur 2017 berlanjut di ajang kecantikan internasional kali ini??


Share on Google Plus

About Putri Anastasia

0 comments:

Posting Komentar