Penyelundupan 1 Ton Sabu Digagalkan, Wiranto: 5 Juta Orang Selamat



IBCBet - Tim gabungan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok berhasil menggagalkan penyelundupan 1 ton sabu dari China. Menko Polhukam Wiranto menyebut keberhasilan polisi itu membuat 5 juta orang terselamatkan.

"Beliau Presiden memesankan dari dulu kita ini sudah darurat narkoba . Baru hari ini saja sudah dapat dicegah satu ton narkoba dari Banten berarti kita sudah bisa menyelamatkan 5 juta manusia dari ancaman narkoba itu," ungkap Wiranto.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara puncak peringatan Hari Narkotika Internasional yang digelar BNN di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis (13/7/2017). Wiranto menganalogikan itu karena untuk 1 gram sabu saja, itu dapat membuat 5 orang teler.

"Karena 1 gram saja sudah bisa bikin 5 orang teler dari satu ton, bayangkan itu," tuturnya.

Untuk itu, Wiranto mengingatkan betapa pentingnya semua pihak memerangi narkoba yang dapat merusak bangsa Indonesia. Kasus penyelundupan 1 ton sabu di Pantai Anyer, Serang, Banten itu menurutnya menjadi kasus narkoba yang cukup serius.

"Kedatangan itu serius sekali. Kita ingin semua bersatu pasukan memerangi narkoba itu," sebut Wiranto.

Seperti diketahui, penyergapan penyelundupan 1 ton sabu tersebut dilakukan dini hari tadi hasil kerja sama Polda Metro Jaya dan Polres Depok. Satu orang WN Taiwan atas nama Lin Ming Hui yang merupakan bos pengendali ditembak mati karena melawan polisi.


Argo mengatakan, tersangka Hui adalah bos sekaligus bandar pengendali jaringan tersebut. Selai Hui, polisi menangkap dua pelaku lainnya yakni Chen Wei Cyuan dan Liao Guan Yu.

"Ada satu lagi atas nama inisial HYI yang masih dalam pengejaran," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada majalahmandiri.com, Rabu (13/7).

Jaringan Taiwan ini telah diikuti selama beberapa minggu terakhir. Hingga dini hari tadi, mereka terpantau melakukan pengiriman sabu menggunakan perahu melalui pantai Anyer, Serang, Banten.

Operasi tersebut dilakukan setelah polisi menerima informasi terkait akan adanya pengiriman sabu ke Indonesia. Tim kemudian melakukan penyelidikan, hingga akhirnya polisi berhasil menggagalkan penyelundupan sabu tersebut. Pengungkapan 1 ton sabu tersebut merupakan rekor, terutama untuk sekelas Polres.


Share on Google Plus

About Putri Anastasia

0 comments:

Posting Komentar